Saturday, September 8, 2012

Penyebab Terjadi Lubang Pada Gigi | Cara Menyikat Gigi



gigi berlubang | sakit gigi | gigi keropos
Sakit Gigi
Apakah anda sering merasa ngilu dalam gigi ? Pernahkah anda berpikir bahwa salah satu penyebabnya adalah karena timbulnya lubang pada gigi anda ? Berikut adalah 3 penyebang gigi berlubang secara umum:
  • Cara menyikat gigi yang salah

Walaupun menyikat gigi sebenarnya terbilang mudah dilakukan, masih banyak orang yang salah melakukannya. Berdasar hasil penelitian waktu sikat gigi terbaik berkisar antara satu sampai dua menit. Usahakan untuk menyikat gigi dengan cara memutar-mutar sambil melihat cermin, agar tidak ada sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi. Selain itu, setelah mengonsumsi minuman berenergi, minuman bersoda, atau minuman asam lainnya, jangan langsung menyikat gigi. Hal ini akan membuat zat asam tersebut malah tersebar merata di semua gigi. Sebaiknya berkumur-kumur dulu untuk menghilangkan bakteri yang ada, baru kemudian menyikat gigi.

  • Frekuensi yang jarang

Menyikat gigi biasanya dilakukan secara rutin setiap kali mandi. Gosok gigi dua kali adalah angka minimal untuk menyikat gigi dalam sehari. Jarang menyikat gigi menyebabkan gigi lebih rapuh dan mengalami kerusakan permanen. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, frekuensi menyikat gigi yang lebih sering akan meminimalisasi pertumbuhan bakteri pada gigi, dan menjaga kebersihan gigi lebih baik. Biasakan untuk menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur.

  • Sikat yang digunakan

Gigi geraham paling sering mengalami masalah berlubang hal itu disebabkan posisinya yang berada di belakang sehingga membuat sulit terjangkau oleh sikat gigi. Bentuk mulut yang cenderung menyempit di bagian belakang juga mempersulit pembersihannya, apalagi bentuk kepala sikat gigi masih cenderung besar.
Gigi belakang juga banyak memiliki alur dan celah, sehingga sikat gigi sulit untuk membersihkannya. Padahal justru celah dan alur gigi inilah yang membuat banyak sisa makanan menempel atau terselip di situ. Ketika tidak dibersihkan dengan cermat, sisa makanan akan membusuk dan membuat gigi berlubang. "Salah satu pertimbangan saat memilih sikat gigi adalah bentuk kepala sikat giginya, apakah bisa menjangkau gigi paling belakang sesuai dengan struktur mulut," tukas George.

Kata Kunci : penyebab kerusakan gigi, faktor gigi berlubang, proses gigi berlubang, karies gigi, penyubang gigi berlubang, jenis sikat gigi, cara menyikat gigi, Penyebab sakit gigi, gigi keropos, karies gigi
sumber:kompas
thumbnail
Judul: Penyebab Terjadi Lubang Pada Gigi | Cara Menyikat Gigi
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait gaya hidup, kesehatan, tips :

0 komentar:

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz